Logo Bloomberg Technoz

Emas, Dolar AS & Bitcoin: Triumvirat Favorit Kala Pasar Bergolak

Ruisa Khoiriyah
23 October 2024 10:05

Ilustrasi ATM Bitcoin di Hong Kong. (Lam Yik/Bloomberg)
Ilustrasi ATM Bitcoin di Hong Kong. (Lam Yik/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gejolak pasar keuangan global kembali memanas dengan semakin dekat gelar Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) yang tinggal hitungan pekan.

Para investor di pasar keuangan sibuk menata penempatan aset untuk mengurangi risiko yang mungkin timbul dari hasil Pilpres AS maupun mitigasi akan prospek kebijakan bunga acuan bank sentral AS, Federal Reserve.

Ada tiga aset favorit saat ini yang menjadi 'triumvirat' perburuan investor di seluruh dunia. Tiga aset tersebut adalah dolar AS, emas juga Bitcoin. Tiga aset itu mencetak reli tak terbendung, bahkan harga emas berulang kali mencetak rekor harga tertinggi baru dalam sejarah.

Harga emas dunia ditutup naik 1,07% dini hari tadi di level US$ 2.749,01 per troy ounce, level rekor termahal sepanjang sejarah. Meski pagi ini harga emas bergerak lebih rendah di US$2.738,94, minat investor terlihat masih akan melanjutkan perburuan pada komoditas logam mulia itu.

Komoditi emas. (Bloomberg)

Bitcoin bahkan diprediksi akan menembus level rekor US$80.000 pada akhir November ini, tak peduli siapa pemenang Pilpres AS.