Logo Bloomberg Technoz

IMF Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Global, Peringatkan Risiko

News
23 October 2024 09:30

Kantor IMF di Washington D.C (Al Drago/Bloomberg)
Kantor IMF di Washington D.C (Al Drago/Bloomberg)

Eric Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Dana Moneter Internasional (IMF) menurunkan perkiraan pertumbuhan global untuk tahun depan dan memperingatkan tentang percepatan risiko, mulai dari perang hingga proteksionisme perdagangan. Meskipun demikian, lembaga ini memuji bank sentral karena berhasil menanggulangi inflasi tanpa memicu resesi di negara-negara.

Produksi global diperkirakan akan tumbuh 3,2%, turun 0,1 poin persentase dari perkiraan bulan Juli, seperti yang diungkapkan dalam pembaruan Prospek Ekonomi Dunia yang dirilis pada Selasa (22/10/2024). Proyeksi untuk tahun ini tetap tidak berubah pada 3,2%, sementara inflasi diperkirakan melambat menjadi 4,3% tahun depan dari 5,8% pada tahun 2024.

IMF telah memperingatkan selama beberapa tahun bahwa ekonomi dunia kemungkinan akan tumbuh pada tingkat biasa-biasa saja dalam jangka menengah, yang terlalu sedikit untuk memberikan negara-negara sumber daya yang mereka butuhkan guna mengurangi kemiskinan dan menghadapi perubahan iklim.

“Risiko meningkat ke sisi negatif, dan ada ketidakpastian yang semakin meningkat dalam ekonomi global,” kata Kepala Ekonom IMF, Pierre-Olivier Gourinchas, dalam sebuah pengarahan.

Peta yang menunjukkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Global. (Sumber: Bloomberg)