Logo Bloomberg Technoz

Daftar Calon Wakapolri; 4 Nama Satu Angkatan Kapolri

Redaksi
23 October 2024 08:30

Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto. (Dok. Polri)
Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto. (Dok. Polri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Kepolisian (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo harus memilih sosok baru Wakil Kapolri usai Presiden Prabowo Subianto Djojohadikusumo menunjuk Komisaris Jenderal Agus Andrianto menjadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan pada Kabinet Merah Putih.

Seperti Kapolri, para calon Wakapolri biasanya berasal dari jenderal polisi dengan pangkat komisaris jenderal atau bintang tiga. Tak hanya itu, kerap kali, calon wakapolri secara spesifik memang merujuk pada perwira tinggi Polri yang memiliki jabatan strategis di Markas Besar Kepolisian.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, setidaknya Polri saat ini memiliki 15 jenderal bintang tiga yang secara aturan memenuhi syarat untuk menggantikan posisi Agus Andrianto sebagai wakapolri. Namun, hanya lima yang memiliki jabatan strategis di Mabes Polri.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 4 jenderal bintang tiga merupakan lulusan atau satu angkatan yang sama dengan Jenderal Listyo yaitu Akademi Kepolisian (Akpol) 1991. Sisanya adalah para perwira tinggi yang lebih senior.

Berikut para perwira tinggi jenderal bintang tiga Polri.