Logo Bloomberg Technoz

Bill Gates Sumbang Rp779 M untuk Kampanye Kamala Harris

News
23 October 2024 07:10

Bill Gates. (Dok: Bloomberg)
Bill Gates. (Dok: Bloomberg)

Lauren Dezenski - Bloomberg News

Bloomberg, Bill Gates dilaporkan telah menyumbang sekitar US$50 juta (setara Rp779 miliar) kepada sebuah organisasi nirlaba yang mendukung pencalonan Kamala Harris, menurut laporan dari New York Times.

Laporan tersebut mengutip tiga sumber yang telah diberi pengarahan terkait sumbangan ini. New York Times mengatakan donasi tersebut secara khusus didiskusikan di antara rekan-rekannya dan seharusnya dirahasiakan.

Kamala Harris diketahui berhasil mengumpulkan dana kampanye dengan jumlah besar dalam waktu singkat. Dilaporkan sebelumnya, wakil presiden AS tersebut mampu mengumpulkan lebih dari 2,4 juta donatur dalam 11 hari pertamanya sebagai kandidat utama Partai Demokrat. Lonjakan jumlah penyumbang ini menghasilkan sumbangan perorangan sebesar US$201 juta (sekitar Rp3,27 triliun).

Jumlah donatur juga berarti hampir 200.000 lebih banyak dibandingkan dengan jumlah donatur yang dikumpulkan pada periode seluruh masa kampanye Presiden Joe Biden yang berlangsung lebih dari satu tahun. Demikian disampaikan dalam data Komisi Pemilihan Umum Federal pada Agustus 2024.