Logo Bloomberg Technoz

LHKPN 3 Menteri Prabowo Tembus Triliunan

Muhammad Fikri
23 October 2024 06:50

Prabowo Lantik 27 Pejabat Badan dan Khusus Kabinet Merah Putih (Bloomberg Technoz/Asfahan)
Prabowo Lantik 27 Pejabat Badan dan Khusus Kabinet Merah Putih (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto melantik 48 menteri pada Kabinet Merah Putih, Senin lalu. Para pejabat ini mendapat tugas untuk mewujudkan kebijakan pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka yang mengusung Asta Cita dan 17 program prioritas.

Beberapa dari para menteri ini tercatat berasal dari kalangan pengusaha. Profil ini membuat para pembantu Prabowo tersebut sebenarnya telah memiliki catatan harta kekayaan cukup tinggi.

Berdasarkan data Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terdapat tiga menteri Prabowo yang mengantongi harta kekayaan hingga mencapai triliunan rupiah. Jumlah ini bisa bertambah karena beberapa pejabat Kabinet Merah Putih baru saja dilantik dan belum menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) ke KPK.

Tiga menteri yang tercatat memiliki kekayaan hingga triliunan adalah Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono; Menteri BUMN, Erick Thohir; dan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman.

Rincian total kekayaan dari ketiga menteri tersebut; Sakti Wahyu Trenggono sebesar Rp2,6 triliun; Erick Thohir sebesar Rp2,3 triliun; dan Andi Amran Sulaiman sebesar Rp1,1 triliun.