Logo Bloomberg Technoz

Daftar Pimpinan Komisi I Hingga XI DPR

Redaksi
23 October 2024 06:30

Gedung DPR/MPR. (Dok. mpr.go.id)
Gedung DPR/MPR. (Dok. mpr.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menetapkan daftar pimpinan dan anggota pada 11 dari 13 komisi di lembaga legislatif tersebut. Penetapan pimpinan tiap komisi tersebut dilakukan usai Sidang Paripurna DPR mengesahkan penempatan anggota dewan dan pembagian jatah kursi pimpinan di antara delapan fraksi.

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, penetapan pimpinan pada dua komisi baru yaitu Komisi XII bidang ESDM, Lingkungan Hidup dan Investasi; serta Komisi XIII bidang Reformasi Regulasi dan HAM baru akan dilakukan hari ini, Rabu (23/10/2024). Akan tetapi, dia belum menjelaskan detil alasan perbedaan waktu penetapan tersebut.

Berdasarkan sidang paripurna; Komisi XII akan diketuai anggota dewan dari Partai Golkar dengan empat wakil ketua dari PDIP, Partai Gerindra, PAN, dan Nasdem. Sedangkan Komisi XIII akan dipimpin anggota dewan dari Partai Nasdem; dengan wakil ketua dari PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Demokrat.

Pada susunan pimpinan komisi I hingga XI, sejumlah nama politikus senior memang nampak kembali muncul. PDIP memilih Utut Adianto menjadi ketua Komisi I dan Lasarus menjadi ketua Komisi V. Partai Golkar menunjuk Hetifah Sjaifudian jadi ketua Komisi X; dan Muhammad Misbakhun jadi ketua komisi XI.

Partai Nasdem menujuk Rifqinizamy Karsayuda jadi ketua Komisi II; dan Felly Estelita Runtuwene jadi ketua Komisi IX. Partai Gerindra juga menunjuk mantan istri Presiden Prabowo Subianto, Siti Hediati Soeharto atau Titiek Soeharto sebagai ketua Komisi IV.