Logo Bloomberg Technoz

Meta Hapus Akun yang Lacak Jet Pribadi Zuckerberg & Elon Musk

News
23 October 2024 06:00

CEO Meta Platforms Inc, Mark Zuckerberg selama acara Meta Connect di Menlo Park, California, AS, Rabu (25/9/2024). (David Paul Morris/Bloomberg)
CEO Meta Platforms Inc, Mark Zuckerberg selama acara Meta Connect di Menlo Park, California, AS, Rabu (25/9/2024). (David Paul Morris/Bloomberg)

Kurt Wagner - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan induk Facebook, Meta Platforms Inc. telah menghapus beberapa akun pada platform media sosial Threads dan Instagram yang digunakan untuk melacak jet pribadi para selebritas; termasuk milik CEO mereka Mark Zuckerberg.

Meta beralasan, penghapusan akun dilakukan karena adanya risiko bahaya fisik dari unggahan tersebut. Beberapa akun tersebut disebut telah melacak pesawat para pesohor seperti Kim Kardashian, Kylie Jenner, mantan CEO Amazon.com Inc Jeff Bezos, hingga CEO Tesla Inc Elon Musk.

Akun-akun tersebut diduga mengandalkan informasi yang tersedia untuk umum untuk melacak lokasi jet dan emisi CO2 di antara rincian lainnya. Penghapusan akun pun dilakukan tanpa peringatan lebih dulu usai Meta Meta memperbarui kebijakan privasinya, pekan ini. 

Meta menunjuk rekomendasi dari Dewan Pengawas, sebuah kelompok eksternal yang ditugaskan untuk meninjau peraturan perusahaan dan postingan kontroversial, sebagai bagian dari pembenaran untuk perubahan tersebut. Rekomendasi tersebut, mulai awal 2022, menyarankan agar Meta menghapus “informasi hunian pribadi” dari situsnya meskipun informasi tersebut tersedia untuk umum.