Logo Bloomberg Technoz

Cara Mentan Amran Sulaiman Realisasi Target Swasembada Pangan

Pramesti Regita Cindy
22 October 2024 19:50

Epon Sukarsih merawat lahan sawah di bantaran Kali Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta pada Jumat (6/9/2024). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Epon Sukarsih merawat lahan sawah di bantaran Kali Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta pada Jumat (6/9/2024). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) kejar target cetak sawah mencapai 1 juta hektare (ha) pada 2025 demi mengejar target swasembada pangan, sesuai program prioritas Presiden Prabowo Subianto, kata Mentan Amran Sulaiman.

"Cetak sawah target kita 1 juta [ha], 750 ribu sampai 1 juta [ha]," kata Amran kepada awak media. Untuk memenuhi target tersebut, lanjut Amran, pihaknya akan fokus pada intensifikasi dan ekstensifikasi. 

Adapun insentifikasi yang dimaksud adalah meningkatkan indeks pertanaman (IP) atau rata-rata waktu tanam dan panen dalam satu tahun pada lahan yang sama.

"Intensifikasi adalah, itu pompa. Pompanisasi, oplah [optimalisasi lahan], itu intensifikasi. IP-nya 1 menjadi 2, 2 menjadi 3, atau 1 menjadi 3. 1 kali tanam bisa menjadi 3 kali tanam. 1 kali tanam bisa menjadi 2 kali tanam, atau 2 kali tanam bisa menjadi 3 kali tanam. Itu intensifikasi," Amran menjelaskan.

Untuk ekstensifikasi, program yang bakal diterapkan yakni  memperbanyak cetak sawah dan akan dimulai di beberapa daerah seperti Merauke, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Aceh, Jambi, atau lainnya.