Logo Bloomberg Technoz

“Jelas bahwa penurunan drastis ini karena pelarangan,” tegas Dominic Sunnebo, Global Insight Director di Kantar. Kehilangan lebih dari sejuta pelanggan, walau mungkin kebanyakan dari mereka bukan yang membayar, akan berdampak negatif bagi Netflix karena akan mempengaruhi rekomendasi dari mulut ke mulut.

Pembatalan langganan pada kuartal I-2023 naik 3 kali lipat dibandingkan kuartal sebelumnya, menurut perhitungan Kantar. Dari pelanggan yang masih ada, satu dari 10 menyebut akan melakukan pembatalan pada kuartal II-2023.

“Kami melihat reaksi pembatalan di setiap pasar setiap kami mengumumkan kebijakan ini. Di Kanada, pelanggan berbayar kami sekarang lebih besar dibandingkan sebelum peluncuran program sharing pembayaran dan pertumbuhan pendapatan naik sehingga tumbuh lebih cepat dibandingkan Amerika Serikat (AS),” papar keterangan di laporan keuangan Netflix.

Secara global, lebih dari 100 juta orang menggunakan akun yang tidak mereka bayar, menurut Netflix. Perusahaan tidak memberikan rincian per negara.

Pekan lalu, Netflix melaporkan pelanggan baru yang di bawah ekspektasi. Dalam 3 bulan pertama 2023, 2 dari 5 serial yang paling banyak ditonton di Spanyol sudah tersedia di Netflix, menurut Kantar.

Netflix kali pertama membuat hub produksi Eropa di Madrid pada 2019.

(bbn)

No more pages