Logo Bloomberg Technoz

Penjelasan Soal ‘Jam Koma’ pada Gen Z yang Marak Dibicarakan 

Redaksi
22 October 2024 16:30

Ilustrasi Gen Z. (Envato/ FlamingoImages)
Ilustrasi Gen Z. (Envato/ FlamingoImages)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Media sosial TikTok ramai membahas soal ‘jam koma’ istilah yang menjelaskan kondisi tertentu berkaitan dengan kelelahan atau tidak fokus.

Hal tersebut pertama kali diungkap oleh pemilik akun TikTok oslobrahim. Dalam videonya ia menjelaskan bahwa ‘jam koma’ adalah jam atau saat di mana seseorang merasa sangat overwhelmed, sangat lelah, atau saat di mana seseorang sudah terlalu banyak berpikir hingga akhirnya melakukan hal-hal yang tidak disadarei.

Ciri-ciri orang  masuk dalam ‘jam koma’ :

  • Pandangan kosong
  • Sering typo saat mengetik
  • Sering salah bicara
  • Sering tidak nyambung saat diajak bicara
  • Melamun dalam waktu lama

Kondisi seperti itu dalam dunia kesehatan juga sering disebut cognitive fatigue atau kelelahan kognitif yang merupakan efek dari kelelahan mental.

Berdasarkan penjelasan yang diunggah di National Library of Medicine (NLM), kelelahan mental telah terbukti menjadi salah satu penyebab utama menurunnya produktivitas dan kinerja kognitif secara keseluruhan, dengan mengurangi kemampuan seseorang untuk menghambat respons, memproses informasi, dan berkonsentrasi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa individu yang mengalami kelelahan mental cenderung memiliki penurunan kinerja dalam tugas kognitif yang memerlukan kewaspadaan, perhatian berkelanjutan, dan perhatian terbagi.