Logo Bloomberg Technoz

Produsen Mobil Eropa Terpuruk akibat Penjualan Terus Merosot

News
22 October 2024 16:20

Produksi mobil Stellantis NV akan meningkatkan PDB Serbia hingga setengah poin. (Oliver Bunic/Bloomberg)
Produksi mobil Stellantis NV akan meningkatkan PDB Serbia hingga setengah poin. (Oliver Bunic/Bloomberg)

Wilfried Eckl-Dorna - Bloomberg News

Bloomberg, Penjualan mobil di Eropa turun pada September. Ini merupakan penurunan bulanan pertama berturut-turut dalam lebih dari dua tahun terakhir karena ekonomi kawasan ini terus stagnan hingga membuat konsumen memangkas pengeluarannya.

Asosiasi Produsen Mobil Eropa mengatakan, Selasa (22/10/2024), pendaftaran mobil baru turun 4,2% dibandingkan tahun lalu, menjadi 1,12 juta unit. Keuntungan dalam penjualan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) tidak cukup untuk mengimbangi penurunan kendaraan kovensional.

Produsen mobil Eropa telah berjuang untuk meningkatkan penjualan di pasar domestik mereka karena penurunan yang berkepanjangan dan suku bunga yang lebih tinggi mengurangi pengeluaran. Stellantis NV, pemilik merek Fiat dan Peugeot, membukukan salah satu penurunan terbesar, pendaftaran anjlok 26% di wilayah tersebut.

Penjualan mobil Eropa turun beruntun. (Bloomberg)

"Industri ini masih dalam mode krisis," ujar Constantin Gall, pemimpin mobilitas EY untuk Eropa Barat, dalam catatannya. "Tidak ada dorongan positif menjelang akhir tahun—ekonomi melemah, ketegangan geopolitik yang besar tidak mereda dan menyebabkan ketidakpastian di antara pelanggan swasta dan komersial."