Logo Bloomberg Technoz

DSSA Ambil Alih 2.8 Miliar Lembar Saham di GEMS

Tara Marchelin
26 April 2023 15:15

Ilustrasi Batu Bara (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Batu Bara (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten tambang milik grup Sinarmas, PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) akan mengambil sebanyak 2.848.721.125 saham PT Golden Mines Energy Tbk (GEMS) yang dimiliki oleh anak perusahaannya Golden Energy and Resources Limited (GEAR). Dengan demikian, DSSA akan menjadi pemegang saham GEMS langsung tanpa melalui GEAR. 

“Perseroan berencana melakukan restrukturisasi entitas anak perseroan dan memfokuskan diri dalam melakukan pengembangan usaha di Indonesia. Setelah menyelesaikan rencana transaksi, perseroan akan memegang  2.848.721.125 saham GEMS secara langsung, tidak melalui GEAR,” ungkap pihak DSSA melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (26/4/2023).

Selain itu, DSSA juga berencana untuk melakukan pengalihan 77,49% sahamnya di GEAR kepada Duchess Avenue Pte Ltd (Duchess).

Perwakilan DSSA memaparkan hal tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan efisiensi terhadap pengelolaan dan pengembangan usaha perusahaan, serta pengambilan keputusan dalam entitas anak perusahaan. 

DSSA juga berharap agar transaksi tersebut dapat mendukung pencapaian tujuan keberlanjutan jangka panjang dan memberi nilai tambah pada para pemegang saham.