Logo Bloomberg Technoz

Pecah Rekor IPO di India, Hari Pertama Saham Hyundai Drop 6%

News
22 October 2024 13:10

Hyundai Motor. (Bloomberg)
Hyundai Motor. (Bloomberg)

Dave Sebastian - Bloomberg News

Bloomberg, Saham Hyundai Motor India Ltd anjlok hampir 6% di awal debutnya di Mumbai, India. Ini merupakan awal perdagangan yang lesu untuk penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) terbesar yang pernah ada di negara itu.

Saham diperdagangkan serendah 1.844,65 rupee setelah harganya 1.960 rupee, harga tertinggi yang dipasarkan. Hyundai Motor Co dari Korea Selatan menjual 17,5% saham di unit lokalnya dalam IPO, berusaha mendapatkan keuntungan dari dari hiruk-pikuk investor untuk penjualan saham di India — salah satu tempat paling ramai di dunia untuk pencatatan tahun ini.

Hyundai Motor India, produsen mobil terbesar kedua di negara itu berdasarkan penjualan, dinilai sekitar US$19 miliar dalam IPO. Beberapa pihak menilai saham tersebut terlalu mahal. Analis Bloomberg Intelligence, Joanna Chen mencatat valuasinya sekitar lima kali lipat dari induk perusahaannya di Korsel, meskipun sejalan dengan valuasi perusahaan sejenis di India, seperti Maruti Suzuki India Ltd.

Meskipun penawaran tersebut akhirnya kelebihan permintaan (oversubscribed) lebih dari dua kali lipat, proses penawaran saham ini berjalan lebih lambat dari yang diperkirakan beberapa pihak.