Logo Bloomberg Technoz

Luhut Tambah Jabatan Lagi: Penasihat Presiden Bidang Digitalisasi

Dovana Hasiana
22 October 2024 10:35

Ketua Dewan Ekonomi Nasional, Luhut Binsar Pandjaitan di Istana Kepresidenan. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)
Ketua Dewan Ekonomi Nasional, Luhut Binsar Pandjaitan di Istana Kepresidenan. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)

Bloomberg Technoz, Jakarta Presiden Prabowo Subianto resmi memberikan tambahan jabatan kepada Luhut Binsar Pandjaitan dalam struktur pemerintahannya; kali ini sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Digitalisasi dan Teknologi Pemerintahan. 

“Luhut Binsar Pandjaitan sebagai penasehat khusus presiden bidang digitalisasi dan teknologi pemerintahan,” ujar Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti dalam acara pelantikan di Istana Negara, Selasa (22/10/2024).

Sehari sebelumnya, padahal, Luhut secara tiba-tiba tiba di Istana Negara untuk dilantik oleh Prabowo sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional, setelah berpamitan di Instagram resminya sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada Sabtu (19/10/2024).

Dengan demikian, Luhut setidaknya sudah mengemban 2 jabatan di Kabinet Merah Putih, yakni Ketua Dewan Ekonomi Nasional dan Penasihat Khusus Presiden Bidang Digitalisasi dan Teknologi Pemerintahan yang tugasnya berkaitan satu dengan lainnya.

Dalam tugasnya di pemerintahan baru, Luhut sebelumnya mengaku mendapatkan mandat dari Prabowo untuk membantu tata kelola birokrasi yang berkaitan dengan ekonomi menjadi lebih baik.