Logo Bloomberg Technoz

Prabowo Berambisi Mandiri Energi, Ini Pesan Pengusaha Batu Bara

Dovana Hasiana
22 October 2024 10:40

Ilustrasi Batu Bara (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Batu Bara (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia/Indonesia Coal Mining Association (APBI/ICMA) meminta pemerintahan Presiden Prabowo Subianto untuk lebih fokus memanfaatkan batu bara demi menjamin ketahanan energi.

Plt Direktur Eksekutif APBI/ICMA Gita mengatakan Indonesia memiliki cadangan batu bara sekitar 31 miliar ton dengan potensi sumber daya sampai 97 miliar ton. Dengan demikian, Gita menilai, hal tersebut harus dimanfaatkan dalam menunjang target swasembada energi yang dibidik Prabowo.

“Sebagai asosiasi, kami tentunya mendukung upaya pemerintah di bawah Presiden Prabowo seperti swasembada energi. Swasembada energi ini tentunya perlu mengacu pada Rencana Umum Energi Nasional [RUEN] dalam setiap penerapan kebijakan ke depan dengan juga pemanfaatan batu bara untuk menjamin ketahanan energi kita,” ujar Gita kepada Bloomberg Technoz, Selasa (22/10/2024).

Konsumsi Batu Bara menurut Negara (Sumber: Our World in Data)

Keberlanjutan Sumber

Secara terpisah, Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Indonesia atau Indonesia Mining Association (IMA) Hendra Sinadia juga meminta pemerintah untuk memperhatikan keberlanjutan sumber daya batu bara yang masih cukup banyak di tengah tuntutan pengembangan energi hijau.