Logo Bloomberg Technoz

Dokumen penawaran obligasi Huijin menyebutkan bahwa hasil penjualan obligasi terbaru akan digunakan untuk mengoptimalkan struktur utangnya, mengisi kembali modal kerja, atau untuk tujuan lain yang disetujui oleh regulator.

Mereka tidak menanggapi permintaan untuk berkomentar tentang penawaran utang. Perusahaan induknya, China Investment Corp, tidak memiliki obligasi yang beredar.

Mengingat biaya pembiayaan yang rendah di pasar kredit lokal dan valuasi saham yang murah, investor seperti Huijin mungkin menginvestasikan kembali hasil utang ke aset ekuitas, kata Wei Liang Chang, seorang ahli strategi di DBS Bank Ltd.

"Pembelian yang lebih lanjut dipimpin negara dalam saham China dapat mendukung pemulihan sentimen risiko," kata Chang.

Perdagangan semacam itu kemungkinan menguntungkan. Kupon rata-rata obligasi yuan Huijin tahun ini sekitar 2,2%, yang terendah sepanjang masa. CSI 300, indeks saham acuan utama, telah melonjak sekitar 15% tahun ini.

Bank sentral China atau People's Bank of China (PBOC) minggu lalu meluncurkan fasilitas swap, yang memungkinkan investor institusi untuk mengakses likuiditas dari bank sentral untuk membeli saham. Program ini telah menerima aplikasi untuk lebih dari 200 miliar yuan, menurut PBOC.

(bbn)

No more pages