Logo Bloomberg Technoz

Unit SWF China Cetak Rekor Penjualan Obligasi Rp452 T

News
22 October 2024 10:20

Bendera China. (Dok: Bloomberg)
Bendera China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Central Huijin Investment Ltd., unit dari dana kekayaan negara (Sovereign Wealth Fund/SWF) China yang  juga pemain besar pasar saham untuk melakukan stabilisasi harga, menerbitkan obligasi yang menyebabkan tekanan jual pada surat utang lokal ke rekor tertinggi tahun ini.

Perusahaan tersebut kini telah menjual 207 miliar yuan (setara Rp452 triliun) obligasi tahun ini, yang merupakan jumlah tertinggi sejak pertama kali memasuki pasar utang domestik pada 2010. Penerbitan baru tersebut termasuk 9 miliar yuan sekuritas utang tiga tahun dan 15 miliar yuan obligasi lima tahun, kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Pasar saham China mengalami reli dalam sebulan terakhir setelah langkah-langkah stimulus baru membantunya menjadi salah satu yang berkinerja terbaik di dunia, dengan kenaikan 23%, meskipun telah melepaskan sebagian kemajuan tersebut dalam beberapa minggu terakhir. Namun, sebelum dukungan yang lebih baru, Central Huijin telah membeli produk exchange trade fund (ETF).

Aksi borong ETF, untuk dijual kembali untuk profit, telah meningkat 388% menjadi 581,8 miliar yuan pada enam bulan pertama tahun ini, kata perusahaan dalam laporan semiannualnya.