Logo Bloomberg Technoz

Ini adalah kesepakatan kedua yang gagal untuk Voyager, yang telah berusaha keluar dari kebangkrutan dan membayar kembali pelanggannya sejak mengajukan perlindungan kepailitan tahun lalu.

Voyager merupakan platform kripto pertama yang coba diselamatkan Sam Bankman-Fried (pendiri FTX), di mana saat itu membuatnya mendapatkan reputasi sebagai penyelamat industri kripto. Pada September, FTX US memenangkan lelang aset Voyager dalam perjanjian senilai sekitar US$ 1,4 miliar.

Namun beberapa bulan kemudian, FTX International dinyatakan bangkrut dan Sam Bankman-Fried ditahan atas tuduhan kriminal, kesepakatan itupun gagal.

Lalu Desember, Binance US masuk dengan menawarkan proposal bernilai sekitar US$ 1 miliar dan itu akan menghasilkan uang tunai sekitar US$ 20 juta untuk kreditur dari perusahaan yang gagal.

Pada Selasa (25/4/2023), Binance US mengirimkan pemberitahuan kepada Voyager transaksi dibatalkan. Surat itu tidak menjelaskan mengapa Binance mundur, merujuk hanya pada bagian dari perjanjian yang telah menetapkan 18 April sebagai batas waktu Voyager untuk menutup kesepakatan.

Binance US telah menghadapi tekanan peraturan yang signifikan terhadap kesepakatan tersebut, termasuk keberatan dari Dewan Sekuritas Negara Bagian Texas, SEC dan Komisi Perdagangan Federal AS. Regulator Texas menyatakan keprihatinan tentang independensi Binance.US dari Binance.com, raksasa pertukaran crypto global yang dimiliki oleh Changpeng Zhao.

Voyager mengatakan mungkin akan menuntut biaya terminasi terbalik yang terutang oleh Binance.US, dalam pengajuan pengadilan. Dalam suratnya sendiri, bursa AS meminta deposit US$ 10 juta kembali dalam 3 hari.

Voyager didirikan pada 2018 sebagai platform perdagangan kripto dan berkembang pesat, mencapai puncak 3,5 juta pengguna dan aset kripto senilai US$ 6 miliar, menurut catatan pengadilan.

Serangkaian perusahaan kripto runtuh dan memasuki proses kebangkrutan tahun lalu. Pemberi pinjaman Crypto Celsius Network Ltd. menghadapi lelang 3 arah yang ditetapkan untuk hari Selasa.

Sementara itu, FTX setuju untuk menjual LedgerX, platform turunan kriptonya, kepada pemilik Miami International Securities Exchange seharga sekitar $ 50 juta, sambil menunggu persetujuan pengadilan.

Kebangkrutan Voyager Digital Holdings Inc., tercatat di nomor 22-10943, Pengadilan Kebangkrutan AS untuk Distrik Selatan New York (Manhattan).

(bbn)

No more pages