Logo Bloomberg Technoz

Dengan hampir 3,3 miliar pengguna aktif harian di seluruh aplikasi miliknya, Meta menggantungkan pada kecerdasan buatan (AI) untuk menerapkan peraturan dan panduan konten yang mereka tetapkan.

Langkah ini berhasil membuat Meta lebih baik dalam menangani laporan yang membanjirinya setiap hari terkait spam dan konten yang melanggar aturan. Namun, kecerdasan buatan juga menjadi masalah ketika akun asli secara tidak sengaja ditutup sementara atau diblok karena kesalahan otomatisasi.

Meta juga mengatakan akan mulai mempergunakan teknologi pengenalan wajah untuk bisa lebih baik dalam membantu pengguna yang terkunci tidak masuk ke akun mereka. Pada satu uji coba baru, sejumlah penggguna bisa menyerahkan video selfie jika akun mereka dikunci. Meta kemudian akan membandingkan video itu dengan foto-foto dalam akun itu untuk mencari apakah ada yang sama.

Meta sebelumnya meminta pengguna yang akunnya dikunci untuk menyerahkan bukti identitas seperti KTP atau ijazah resmi, namun kini mereka mengatakan opsi video selfie ini bisa menyelesaikan permasalah dalam satu menit.

Meta mengatakan akan "segera menghapus data wajah yang didapat setelah proses pencocokan, apakah ada kecocokan atau tidak," dalam blognya.

Raksasa jejaring sosial ini memiliki sejarah yang rumit terkait teknologi pengenalan wajah. Sebelumya, perusahaan ini memanfaatkan pengenalan wajah untuk mengidentifikasi pengguna untuk mengunggah foto sebagai upaya mendorong mereka me-tag teman-temannya dan meningkatkan keterhubungan.

Meta kemudian dibawa ke pengadilan oleh sejumlah negara bagian karena mengambil keuntungan dri teknologi ini tanpa izin pengguna, dan pada 2024 perusahaan ini diperintah membayar ganti rugi kepada negara bagian Texas sebesar US$1,4 miliar. Beberapa tahun sebelumnya, Meta sepakat membayar ganti rugi US$640 juta dalam langkah hukum pidana berbeda yang diajukan di negara bagian Illinois.

Monika Bickert, wakil presiden kebijakan konten Meta, mengatakan perusahann ini tidak akan menerapkan uji coba video selfi tersebut di Illinois atau Texas.

(bbn)

No more pages