Logo Bloomberg Technoz

Pejabat The Fed Pastikan Pemotongan Suku Bunga akan Berlanjut

News
22 October 2024 07:30

Presiden Federal Reserve Bank of San Francisco Mary Daly. (Dok Bloomberg)
Presiden Federal Reserve Bank of San Francisco Mary Daly. (Dok Bloomberg)

Laura Curtis - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Bank of San Francisco, Mary Daly, menyatakan bahwa ia memperkirakan bank sentral AS akan terus menurunkan suku bunga untuk melindungi pasar tenaga kerja agar tidak semakin melemah.

"Sampai saat ini, saya belum melihat informasi apa pun yang menunjukkan bahwa kami tidak akan terus mengurangi suku bunga," kata Daly pada konferensi TechLive Wall Street Journal di Laguna Beach, California, Senin (21/10/2024). "Ini adalah suku bunga yang sangat ketat untuk ekonomi yang sudah berada di jalur menuju inflasi 2%, dan saya tidak ingin melihat pasar tenaga kerja memburuk lebih jauh."

Pada pertemuan bulan lalu, para pembuat kebijakan di bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) mulai menurunkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak awal pandemi. Mereka memangkas suku bunga acuan sebesar setengah poin, menjadi kisaran 4,75% hingga 5%, karena kekhawatiran tentang kondisi pasar tenaga kerja yang melemah dan inflasi yang mendekati target The Fed sebesar 2%.

Data ekonomi terbaru menunjukkan bahwa perekrutan dalam beberapa bulan terakhir lebih kuat dari perkiraan sebelumnya, membuat pelaku pasar memperkirakan pemotongan yang lebih kecil, yakni seperempat poin, pada pertemuan The Fed pada 6-7 November.