Logo Bloomberg Technoz

Pidato Prabowo Soal Swasembada Energi Nyalakan Prospek Saham EBT

Sultan Ibnu Affan
22 October 2024 07:10

Presiden Prabowo di Pelantikan Menteri Kabinet Merah Putih Masa Jabatan 2024-2029, Istana Negara, 21 Oktober 2024 (YouTube/Setpres)
Presiden Prabowo di Pelantikan Menteri Kabinet Merah Putih Masa Jabatan 2024-2029, Istana Negara, 21 Oktober 2024 (YouTube/Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Prabowo Subianto telah resmi dilantik menjadi Presiden RI ke-8. Saat pelantikan, Prabowo menyampaikan sejumlah poin dalam pidatonya, termasuk soal swasembada energi, khususnya energi baru terbarukan (EBT).

"Kita punya energi bawah tanah geotermal yang cukup. Kita punya batu bara yang sangat banyak. Kita punya energi dari air yang sangat besar," tutur Prabowo.

"Saudara-saudara sekalian, pemerintah yang saya pimpin nanti akan fokus untuk mencapai swasembada energi."

Analis NH Korindo Sekuritas Ezaridho Ibnutama mengatakan, salah satu poin dalam pidato tersebut menjadi katalis positif secara spesifik setidaknya untuk sejumlah saham di sektor ini, yakni PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) untuk sektor geotermal serta PT Arkora Hydro Tbk (ARKO) dan PT Kencana Energy Lestari Tbk (KEEN) di sektor hydropower atau pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Sebuah Keharusan Meski Perlu Biaya

Indonesia sejatinya juga memiliki cadangan batu bara besar yang masih bisa dieksploitasi. Namun, arah kebijakan pemerintah saat ini adalah untuk mengurangi konsumsi batu bara.

Mau tidak mau kita dipaksa untuk menggunakan EBT. Walaupun ada ongkosnya, tapi tetap harus didorong.

lobal Markets Economist Maybank Indonesia, Myrdal Gunarto