Logo Bloomberg Technoz

Kabinet Ekonomi 'Rasa Lama' Tunjukkan Prabowo Fokus Stabilitas

News
21 October 2024 19:40

Presiden RI Prabowo Subianto saat menjamu para tamu negara. (Tangkapan layar/ Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden RI Prabowo Subianto saat menjamu para tamu negara. (Tangkapan layar/ Youtube Sekretariat Presiden)

Norman Harsono dan Grace Sihombing—Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Indonesia Prabowo Subianto mempercayakan tim ekonominya pada orang-orang berpengalaman di jajaran pemerintahan era Joko Widodo (Jokowi), mengajak Sri Mulyani kembali menjadi Menteri Keuangan dan Luhut Binsar Panjaitan (bukan sebagai menteri namun Ketua Dewan Ekonomi Nasional).

Sebuah keputusan guna memastikan kesinambungan kebijakan dan kredibilitas di tengah-tengah lingkungan global yang semakin memburuk.

Sri Mulyani Indrawati dilantik sebagai menteri keuangan hari ini, Senin (21/10/2023), bersama deretan menteri, kepala badan dan deputi lainnya. Prabowo juga menunjuk Luhut Panjaitan untuk mengepalai DEN, sebuah lembaga think tank tingkat tinggi yang akan memberi saran kepada pemerintah terkait bagaimana mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Kembalinya dua tokoh penting dari pemerintahan Joko Widodo sebelumnya menggarisbawahi fokus Prabowo pada stabilitas bahkan ketika ia sedang memetakan arahnya sendiri untuk mencapai target pertumbuhan 8%-mengalahkan pertumbuhan dunia selama masa jabatan lima tahunnya.