Logo Bloomberg Technoz

Kata Mendag Baru soal Target Penyelesaian IEU-CEPA

Pramesti Regita Cindy
21 October 2024 19:00

Menteri Perdagangan Budi Santoso. (Bloomberg Technoz/ Pramesti Regita Cindy)
Menteri Perdagangan Budi Santoso. (Bloomberg Technoz/ Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag)  Budi Santoso angkat bicara perihal target dirampungkannya negosiasi kerja sama ekonomi komprehensif Uni Eropa (UE), atau Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

Seperti diketahui, IEU-CEPA menjadi salah satu negosiasi pakta dagang bergengsi dengan UE terlebih hingga saat ini perundingan dagang tersebut masih belum sampai pada titik akhir kesepakatan dari kedua pihak.

"[Soal target penyelesaian IEU-CEPA] kalau kita ingin menyelesaikan kan harus saling menguntungkan ya. Jadi masih kita kaji lagi. Iya mudah-mudahan ada solusinya segera," jelas Budi kepada awak media ketika ditemui usai acara Sertijab Mendag di Kantor Kemendag, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Budi belum dapat memastikan lebih jauh kapan IEU-CEPA ini dapat terselesaikan. Menurutnya, negosiasi dagang ini tidak dapat diselesaikan secara mudah, dengan banyaknya putaran perundingan yang kerap kali tidak terselesaikan begitu saja.

Meski demikian, ia hanya mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus mengusahakan terselesaikannya pakta dagang ini baik dalam kurun waktu 100 hari kepemimpinannya berjalan, maupun sebelum berkahirnya tahun 2024.