Logo Bloomberg Technoz

Dua Wamen Kemendagri: Ribka Urus Papua, Bima Arya Politik

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 October 2024 17:16

Bima Arya (Azzura/Bloomberg Technoz)
Bima Arya (Azzura/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto mengangkat dua wakil menteri untuk membantu Tito Karnavian di Kementerian Dalam Negeri. Mereka adalah eks Wali Kota Bogor Bima Arya; dan penjabat Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk.

Menurut Arya, Mendagri Tito Karnavian telah memberikan pembagian tugas yang jelas bagi dua wakilnya tersebut. Pembagian tugas ini diklaim sebagai upaya mempercepat proses kerja dan pencapaian target kementerian yang memimpin koordinasi seluruh provinsi hingga kabupaten dan kota.

"Bapak menteri dalam negeri sudah meminta saya untuk fokus kepada isu politik dan pemerintahan umum. Kemudian juga masalah-masalah terkait dengan kependudukan dan catatan sipil," kata Bima Arya di Kompleks Istana Negara, Senin (21/10/2024).

Dia mengatakan, tugasnya tersebut juga termasuk memastikan proses politik dalam pilkada berjalan dengan baik. Dia mengklaim akan memastikan seluruh aparatur negara akan menjalani pekerjaan dengan profesional, termasuk bersikap netral selama kontestasi politik daerah berlangsung.

Di sisi lain, Prabowo juga menitipkan pesan agar mampu menghasilkan kajian tentang pelaksanaan pemilu selama ini. Pemerintah ingin memastikan seluruh wilayah benar-benar siap menggelar kontestasi politik, termasuk tingkat efiensi dan efektivitas.