Logo Bloomberg Technoz

Pimpin 5 Menteri, Tugas Menko Masyarakat di Kabinet Prabowo

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 October 2024 16:55

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar resmi menjadi Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat pada Kabinet Merah Putih. Dia mengatakan, telah mendapat arahan khusus dari Presiden Prabowo Subianto Djojohadikusumo untuk mencapai sejumlah target.

Menurut dia, tugas utama dari Kemenko Masyarakat berkaitan dengan lima kementerian teknis yang berada di bawah koordinasinya. Lima lembaga tersebut adalah Kementerian Koperasi, Kementerian Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Kementerian Ekonomi Kreatif, Kementerian Sosial, dan Kementerian Perlindungan Pekerja Migran.

"Semua terkait yang berhubungan dengan pemberdayaan institusional dan pemberdayaan individu," kata Muhaimin di Kompleks Istana Negara, Senin (21/10/2024).

Dia mengatakan, Kemenko Masyarakat juga akan membantu tiap kementerian untuk mewujudkan program-program unggulan Prabowo-Gibran. Beberapa di antaranya, mempercepat kelembagaan koperasi, peningkatan UMKM, hingga pemberdayaan masyarakat.

"Kemenko akan mendorong," ujar dia.