Logo Bloomberg Technoz

Untuk perluasan pasar ekspor, dirinya menekankan bahwa selama 53 bulan terakhir, Indonesia terus mencatat surplus perdagangan. Dengan demikian, dia berkomitmen untuk memperluas pasar ekspor guna meningkatkan surplus ini. 

"Jadi kita tingkatkan terus dengan cara memperluas pasar ekspor. Kita punya banyak perwakilan di luar negeri, jadi harus membantu ekspor kita supaya bisa lebih luas lagi."

Di samping itu, pengembangan sektor UKM juga akan menjadi perhatian utama dengan target mendorong mereka untuk lebih berani berinovasi dan adaptif agar dapat memasuki pasar ekspor.

Terlebih, dia mencatat bahwa rasio kewirausahaan Indonesia masih rendah, yakni 3,47% sedangkan untuk menjadi negara maju, angka tersebut harus berada di kisaran 10%—12%.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kementerian Perdagangan, ungkap Budi, akan merancang program-program untuk meningkatkan daya saing UKM dalam rangka mendorong ekspor.

"Sektor perdagangan akan mendukung penuh program ini melalui kebijakan-kebijakan yang inline dengan tujuan kita. Instrumen untuk mencapai tiga program tersebut sudah ada di Kementerian Perdagangan, dari kebijakan hingga dukungan unit-unit eselon 1," tutup Budi.

"Nanti kita bikin program-program [yang mendukung kebijakannya], karena instrumen untuk 3 program tadi itu sebenarnya ada di Kemendag semua. Dari kebijakannya, kemudian dari unit eselon 1-nya, itu mendukung semua. Memang in line dengan program itu," pungkasnya.

Seperti diketahui, Presiden Prabowo Subianto resmi mengumumkan daftar nama menteri Kabinet Merah Putih yang akan ia pimpin dalam lima tahun mendatang. Pengumuman disampaikan Prabowo pada Minggu (20/10/2024).

"Kabinet diumumkan dengan kesepakatan ketua umum partai pendukung, Kabinet Merah Putih," ujar Prabowo.

Para menteri yang diumumkan Prabowo Subianto sebelumnya berbondong-bondong mendatangi Istana Negara mulai pukul 19.30 WIB. Para menteri kompak mengenakan batik berwarna cokelat saat pengumuman kabinet.

Adapun, untuk posisi Menteri Perdagangan, Prabowo menunjuk Budi Susanto. "Budi Susanto sebagai Menteri Perdagangan," kata Prabowo.

(prc/wdh)

No more pages