Logo Bloomberg Technoz

Tugas Mendag Baru 100 Hari Ke Depan: Fokus Pasar Domestik dan UKM

Pramesti Regita Cindy
21 October 2024 16:30

Menteri Perdagangan Budi Santoso usai serah terima jabatan. (Bloomberg Technoz/ Pramesi Regita Cindy)
Menteri Perdagangan Budi Santoso usai serah terima jabatan. (Bloomberg Technoz/ Pramesi Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso menyampaikan sejumlah target yang akan dicapai dalam 100 hari ke depan, sejalan dengan misi Presiden Prabowo Subianto menuju Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

Budi menuturukan bilamana dirinya bersama otoritas perdagangan akan memfokus diri pada tiga sektor utama yaitu pengamanan pasar dalam negeri, perluasan pasar ekspor, dan pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) agar bisa berdaya saing global.

Untuk sektor pengamanan pasar, Budi menegaskan pentingnya menjaga pasar domestik yang sangat besar agar tidak sepenuhnya dikuasai oleh produk asing.

"Jadi pasar dalam negeri kan besar, jadi kita harus bisa memanfaatkan sebaik mungkin yang diisi oleh industri-industri dalam negeri juga," kata Budi ketika ditemui selepas acara serah terima jabatan di kantor Kemendag, Jakarta, Senin (21/10/2024). 

Kementerian Perdagangan, kata Budi, akan mempersiapkan langkah-langkah strategis guna meningkatkan daya saing produk lokal. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah menyiapkan agregator untuk memfasilitasi komoditas dalam negeri dan ekspor.