Logo Bloomberg Technoz

Lebih jauh para sumber menyatakan diskusi pengumpulan dana baru asih dalam tahap awal dan rinciannya dapat berubah. Perplexity  menolak untuk berkomentar.

Valuasi Perplexity telah melonjak dalam beberapa bulan terakhir, yang mencerminkan minat tinggi dari para pemodal ventura untuk mendukung perusahaan-perusahaan AI.

Belum lama, pada bulan April 2024, startup ini bernilai US$1 miliar. Rekan-rekan dan saingannya juga telah mengumpulkan dana dalam jumlah besar - termasuk OpenAI, yang menyelesaikan pendanaan senilai US$6,6 miliar dengan valuasi US$157 miliar awal Oktober.

Pembicaraan pendanaan terbaru Perplexity terwujud setelah investor mendekati perusahaan, kata orang tersebut, bukan karena startup itu ingin mengumpulkan dana baru.

Perplexity menawarkan beberapa layanan selain versi berbayar dan gratis dari alat pencariannya. Baru-baru ini perusahaan meluncurkan sebuah produk yang memungkinkan organisasi untuk mencari berkas internal di samping internet, dan memperkenalkan fitur-fitur baru untuk pencarian yang berhubungan dengan keuangan - termasuk harga saham dan data pendapatan perusahaan.

Perplexity juga telah meluncurkan serangkaian kemitraan bagi hasil dengan penerbit-penerbit besar, bahkan ketika perusahaan menghadapi tuduhan plagiarisme dari beberapa outlet berita.

Investor di perusahaan ini termasuk SoftBank Group Corp's Vision Fund 2, pendiri Amazon.com Inc Jeff Bezos dan Nvidia Corp.

The Wall Street Journal sebelumnya melaporkan tentang pembicaraan kesepakatan tersebut.

(bbn)

No more pages