Logo Bloomberg Technoz

Bahlil Kukuh Tak Bakal Relaksasi Ekspor Bijih Bauksit: Enak Saja

Dovana Hasiana
21 October 2024 15:10

Bahlil saat Pelantikan Menteri Kabinet Merah Putih Masa Jabatan 2024-2029, Istana Negara, 21 Oktober 2024 (YouTube/Setpres)
Bahlil saat Pelantikan Menteri Kabinet Merah Putih Masa Jabatan 2024-2029, Istana Negara, 21 Oktober 2024 (YouTube/Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menegaskan pemerintah tidak akan kembali membuka keran ekspor bijih bauksit yang telah dicuci (washed bauxite), usai dilarang sejak Juni 2023.

“Tidak ada [relaksasi ekspor], enak saja,” ujar Bahlil saat ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2024).

Dalam kesempatan itu, Bahlil mengatakan salah satu tugas Kementerian ESDM ke depannya pada pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka atau Kabinet Merah Putih adalah mengoptimalkan penghiliran atau hilirisasi sektor pertambangan selain nikel, salah satunya bauksit. 

Namun, Bahlil tidak menjelaskan dengan gamblang upaya yang bakal ditempuh untuk mengoptimalkan hilirisasi bauksit tersebut. “Bakal kita review,” ujarnya.

Bauksit yang telah dicuci atau washed bauxite./Bloomberg-Paulo Fridman

Adapun, usulan untuk mengkaji relaksasi ekspor bijih bauksit yang telah dicuci (washed bauxite) –yang dilakukan dengan kuota terbatas– disampaikan oleh Maman Abdurrahman yang saat itu menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI.