Logo Bloomberg Technoz

Alasan Zulhas Ajukan Budi Santoso Jadi Menteri Perdagangan

Pramesti Regita Cindy
21 October 2024 15:20

Serah terima jabatan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kanan) ke Budi Santoso (kiri). (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Serah terima jabatan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kanan) ke Budi Santoso (kiri). (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Koodinator Pangan atau Menko Pangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menuturkan alasan mengapa dirinya mengajukan nama Budi Santoso sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan dirinya yang sebelumnya menjabat posisi tersebut kurang lebih 2,5 tahun.

Zulhas menceritakan bahwa salah satu pertimbangannya memilih Budi menjadi Mendag di Kabinet Merah Putih pimpinan Presiden Prabowo Subianto adalah karena selama ini Kementerian Perdagangan belum pernah memiliki menteri yang berasal dari pejabat karier. 

"Saya lihat foto-foto mantan menteri perdagangan ini, saya tanya 'ada tidak nama pejabat karier yang menjadi menteri?'" ungkap Zulhas dalam acara serah terima Jabatan di Kemendag, Jakarta, Senin (21/10/2024).

"Pak Suhanto [Sekjen] bilang belum pernah. Oleh karena itu, semua tergantung amal sholehnya. Saya mengusulkan yang pejabat karier kepada bapak presiden terpilih yaitu Pak Budi," kelakar Zulhas. 

Menteri Perdagangan Budi Santoso usai serah terima jabatan. (Bloomberg Technoz/ Pramesi Regita Cindy)

Adapun, secara mendetail Zulhas menyampaikan, dipilihnya Budi sebagai Mendag juga karena rekam jejak kepemimpinannya dalam mengemban jabatan mulai dari Irjen hingga Sekjen. Dengan demikian, Budi menjadi pejabat karier pertama yang menjabat sebagai Mendag.