Logo Bloomberg Technoz

Rombak Anggaran, Pemerintah Prabowo Ajukan Revisi APBN Maret 2025

Redaksi
21 October 2024 14:46

Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya memastikan pemerintahan baru Presiden Prabowo Subianto akan mengajukan revisi atau anggaran penerimaan dan belanja negara perubahan (APBN) kepada DPR RI pada Maret 2025.

Hal itu disampaikan Teuku menanggapi proses pemisahan antara Kementerian Pariwisata dan Kementerian Ekonomi Kreatif, sekaligus pembagian anggaran masing-masing kementerian.

Sebagai informasi, pemerintahan mantan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendirikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Namun kedua sektor ini dipisah oleh Prabowo. Dalam APBN 2025,  Kemenparekraf memperoleh anggaran Rp1,7 triliun, atau menurun 40% dibanding anggaran sebelumnya.

"Kami berdua akan bicara dengan masing-masing eselon I kementerian. Kami dengar akan ada APBNP untuk pemerintahan pak Prabowo ke depan di awal tahun, Maret atau sampai Juni," kata Teuku usai Serah Terima Jabatan di kantor kementerian, seperti dikutip dari siaran video, Senin (21/10/2024).

Dia menjelaskan, dalam pembahasan APBNP 2025 di DPR RI mendatang, kedua kementerian akan menyusun kembali kebutuhan anggaran dan melakukan penyesuaian.