Logo Bloomberg Technoz

Kembali Jadi Menteri, Erick Lanjutkan Program Kabinet Jokowi

Sultan Ibnu Affan
21 October 2024 14:10

Menteri BUMN Erick Thohir bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Menteri BUMN Erick Thohir bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ditunjuk sebagai Menteri BUMN dalam Kabinet Merah Putih. Dia akan melanjutkan program kerja dari kabinet sebelumnya, yakni perampingan BUMN.

Erick Thohir masih akan melakukan perampingan perusahaan pelat merah menjadi hanya 30 BUMN, dari yang sebelumnya sebanyak 118 BUMN.

"Salah satunya mungkin kalau kami dari BUMN, bagaimana peran kerjasama kita dengan swasta, harus ditingkatkan. Sejalan dengan transformasi blueprint kita [kita tetap lanjutkan perampingan] jumlahnya BUMN itu jadi 30, menuju ke sana," ujar Erick saat ditemui di kantornya usai pelantikan, Senin (21/10/2024).

Erick mengatakan, perampingan itu juga diharapkan menyehatkan persaingan di sektor swasta, usaha kecil dan menengah (UMKM) hingga menjadi lebih seimbang, termasuk adanya investasi yang berasal dari luar maupun dalam negeri.

"Ini yang kami coba seimbangkan. Tapi kami pastikan keberpihakan kepada UMKM harus didorong terus, karena itu jadi fondasi," ujar dia.