Logo Bloomberg Technoz

PR Baru Agus Gumiwang Usai Lanjut Jadi Menperin Era Prabowo

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 October 2024 13:30

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Agus Gumiwang Kartasasmita melanjutkan perannya sebagai Menteri Perindustrian di Kabinet Merah Putih pimpinan Presiden Prabowo Subianto. Salah satu fokusnya adalah untuk ekstensifikasi program hilirisasi industri.

Menurut Agus, prioritas hilirisasi adalah arahan utama Prabowo kepada dirinya sebagai Menperin. Tidak hanya melalui pembangunan industri pengolahan komoditas, Agus juga ditugasi untuk membuka lapangan pekerjaan baru sebanyak-banyaknya.

Untuk itu, dia mengaku akan menyiapkan peta jalan 3 tahun ke depan untuk memperkuat sektor manufaktur demi mencapai target pertumbuhan ekonomi 7%—8%  per tahun.

“Nanti kita bicarakan [peta jalan] 3 tahun [atau jangka] menengah. Nanti kita bicarakan,”  ujarnya setelah dilantik di Istana Negara, Senin (21/10/2024).

Menurutnya, fokus peta jalan tersebut tidak spesifik untuk pengembangan sektor manufaktur tertentu, tetapi berlaku untuk seluruh industri pengolahan. Namun, dia tidak menampik akan memperkuat 5 sektor prioritas yang termaktub dalam peta jalan Industri 4.0.