Logo Bloomberg Technoz

"Dan juga saya akan mendorong teman-teman pengusaha swasta, para developer, para pengusaha di bidang lainnya untuk bersama-sama berlomba buat yang kebaikan bermanfaat ya bisa bergotong-royong," ujar Ara. 

Pada kesempatan tersebut Ara juga mengatakan masih banyak masyarakat desa dan kota yang belum memiliki rumah, termasuk prajurit TNI. Ia juga menyoal soal upaya membangun hunian vertikal atau high rise building untuk masyarakat kota agar dekat dengan lokasi bekerja. 

Presiden Prabowo Subianto memiliki program untuk membangun 3 juta rumah tiap tahun; terdiri dari 2 juta rumah diperdesaan dan 1 juta unit apartemen di daerah kota. 

Ketua Satgas Perumahan Hashim Djojohadikusumo mengonfirmasi program pembangunan 3 juta rumah yang akan dijalankan pada era kepemimpinan presiden terpilih Prabowo Subianto merupakan target anual, bukan sepanjang periode pemerintahan berikutnya selama 5 tahun.

Untuk itu, dia berharap program tersebut juga dapat dilanjutkan kepada kepemerintahan selanjutnya, walaupun Prabowo sendiri diketahui baru akan dilantik pada 20 Oktober 2024. 

Mulanya, Hashim—yang notabene juga adalah adik dari Prabowo — menekankan bahwa Satgas Perumahan tidak hanya akan membangun 3 juta unit perumahan, sesuai program presiden ke-8 tersebut, tetapi membangun 15 juta perumahan atau lima kali lipat dari target tiap tahunnya. 

"Perumahan setelah kita pelajari, kita perlu besar-besaran dipikirkan funding pendanaan. Ternyata setelah dipelajari bukan 3 juta [rumah] per periode. Kita mau bikin 3 juta setahun, jadi 5 tahun total 15 juta," kata Hashim.

(hps)

No more pages