Logo Bloomberg Technoz

Selain itu, dia juga akan memetakan potensi komoditas unggulan lain seperti kelapa.

Dengan demikian, fokus swasembada pemerintah tidak hanya akan tersentral pada produksi beras, gula, dan jagung; tetapi juga komoditas-komoditas potensial yang menjadi unggulan di masing-masing wilayah.

“Mudah-mudahan dalam 5 tahun  ini kita bisa dengan cepat mengembangkannya, sehingga kita bisa swasembada. Mohon doa dan dukungannya ya,” kata Zulhas.

Pencapaian swasembada pangan memang menjadi salah satu janji kampanye Prabowo, yang berkali-kali dia tekankan selain isu swasembada energi dan kelanjutan hilirisasi industri.

Dalam pidato resminya usai resmi dilantik sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia, Minggu (20/10/2024), Prabowo menggarisbawahi prioritasnya agar Indonesia bisa mencapai swasembada pangan “dalam waktu sesingkat-singkatnya.”

“Kita tidak boleh tergantung sumber makanan luar negeri. Dalam krisis, keadaan genting, tidak ada yang akan mengizinkan barang-barang [pangan] mereka untuk kita beli. Karena itu, tidak ada jalan lain dalam waktu sesingkat-singkatnya, kita harus capai ketahanan pangan,” tegasnya.

Dia menggarisbawahi bahwa negara harus mampu memacu produksi dan memenuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia. Dia pun mengaku telah mempelajari akar permasalahan sektor pangan, dan yakin swasembada dapat diwujudkan dalam 4—5 tahun sejak dia memerintah.

“Bahkan kita siap menjadi lumbung pangan dunia,” tuturnya.

(wdh)

No more pages