Logo Bloomberg Technoz

Jadi Menko Pangan, Zulhas Akan Masifkan Pertanian di Luar Jawa

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 October 2024 13:10

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Zulkifli Hasan mengatakan bakal fokus mengejar target swasembada pangan dalam 5 tahun setelah dilantik Presiden Prabowo Subianto sebagai Menteri Koordinator Bidang Pangan pada hari ini, Senin  (21/10/2024).

“Saya diberi [tugas] mengoordinasi agar kita bisa swasembada pangan dalam waktu 5 tahun. Tentu kita sudah punya garis besar strateginya,” kata Zulhas, sapaan akrab Zulkifli, ditemui di Istana Negara usai pelantikannya. 

Strategi unggulan tersebut, kata Zulhas, adalah dengan tidak lagi mengandalkan Jawa dan Sumatra sebagai basis produksi pangan nasional.

Terlebih, lahan pertanian di pulau terpadat Indonesia itu makin menipis. Di Sumatra pun, lahan pangan sudah banyak beralih menjadi perkebunan kelapa sawit.

“Oleh karena itu, memang masa depan untuk pertanian padi gula dan jagung itu ada di Papua. Sekarang kita lagi coba dikembangkan besar-besaran di Merauke. Nanti kita akan bagi klaster ya. Nanti di Sulawesi cocoknya apa, misalnya cengkih dan cokelat, maka di situ akan menjadi unggulan Sumatra. Mungkin kopi ya, kopi dan lada itu juga menjadi komoditas unggulan,” terangnya.