Logo Bloomberg Technoz

Airlangga Beberkan Target Kinerja 100 Hari Menko Perekonomian

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 October 2024 12:03

Airlangga Hartarto saat Pelantikan Menteri Kabinet Merah Putih Masa Jabatan 2024-2029, Istana Negara, 21 Oktober 2024 (YouTube/Setpres)
Airlangga Hartarto saat Pelantikan Menteri Kabinet Merah Putih Masa Jabatan 2024-2029, Istana Negara, 21 Oktober 2024 (YouTube/Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto membeberkan salah satu target kinerja pada 100 hari pertama Kabinet Merah Putih ialah menyiapkan strategi kebijakan penyaluran subsidi energi tepat sasaran. 

Dia menjelaskan, Presiden Prabowo Subianto meminta para menteri bidang ekonomi untuk menjalankan berbagai kebijakan ekonomi makro dengan baik demi mencapai target, baik jangka pendek, menengah maupun panjang.

"Kalau bicara jangka pendek capaian angka indikator berdasarkan kuartalan, tapi kita diminta mempersiapkan ke depan tantangan subsidi energi. Bagaimana membuat kebijakan energi subsidinya tepat sasaran," ujar Airlangga di Istana Kepresidenan, Senin (21/10/2024).

Terkait ekonomi makro, pemerintah akan berupaya mencapai target pertumbuhan ekonomi 8% dalam jangka menengah. Selain itu, pemerintah juga berupaya memperbaiki angka-angka kemiskinan, dan rasio indeks gini.

"Ini adalah amanat yang berat karena kita diberikan tugas dalam situasi yang tidak mudah. Pak presiden tadi juga berharap amanat yang berat ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," tutur Airlangga.