Logo Bloomberg Technoz

Profil Meutya Hafid, Menteri Komunikasi Pemerintahan Prabowo

Muhammad Fikri
21 October 2024 11:50

Meutya Hafid (Instagram @meutya_hafid)
Meutya Hafid (Instagram @meutya_hafid)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Meutya Viada Hafid atau Meutya Hafid merupakan seorang mantan wartawan yang melanjutkan karirnya dengan terjun ke dunia politik menggunakan kendaraan Partai Golongan Karya (Golkar). Pada Kabinet Merah Putih kepemimpinan Prabowo Subianto, dia ditunjuk menjadi Menteri Komunikasi dan Digital menggantikan Budi Arie yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika.

Isu Meutya Hafid akan dipilih oleh Prabowo sebagai Menteri Komunikasi dan Digital sebelumnya memang sudah santer ke publik. Namun, isu tersebut dibantah dengan mengatakan bahwa kemungkinan tersebut hanyalah sebuah dugaan semata.

“Saya juga belum dengar [penunjukan sebagai Menkominfo],” kata Meutya jelang pelantikan anggota DPR, dikutip Senin (21/10/2024)

“Belum ada [obrolan soal kabinet], dan saya kan enggak terlibat dalam pembahasan menteri. Itu prerogatif presiden. Jangan diduga-duga. Kita tunggu saja nanti,” ucapnya.

Politikus Partai Golkar Meutya Hafid bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Latar Belakang Meutya Hafid

Meutya Hafid merupakan sosok wanita yang lahir di Bandung, Jawa Barat pada 3 Mei 1978. Meutya pernah memperoleh gelar sarjana melalui Universitas New South Wales, Australia dengan jurusan Manufacturing Engineer yang lulus pada tahun 2011. Selanjutnya dia melanjutkan jenjang pendidikannya dengan memperoleh gelar Master di Universitas Indonesia yang lulus pada tahun 2018.