Logo Bloomberg Technoz

Kantor Menko dan 3 Menteri Pecahan Kemenkumham Akan Satu Lokasi

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 October 2024 11:30

Menkumham Supratman Andi Agtas bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Menkumham Supratman Andi Agtas bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto memecah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) era Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) menjadi tiga; yaitu Kementerian hukum, Kementerian HAM, serta Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan. 

Tiga kementerian tersebut akan berada di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Hukum, HAM, Imigrasi dan Kemasyarakatan yang dipimpin Yusril Ihza Mahendra.

Menteri Hukum Supratman Andi Agtas -- dulunya Menteri Hukum dan HAM mengatakan, kantor tiga kementerian baru tersebut akan berada di eks kompleks Kementerian Hukum dan HAM, Rasuna Said, Jakarta Selatan.

"Semua persiapan terkait dengan dukungan dari kementerian induk sudah kami lakukan. Semua kantor, menko [menteri koordinator] dan menteri baru, kami siapkan di kompleks yang sama [bekas Kantor Kemenkumham]," kata Supratman di Kompleks Istana, Senin (21/10/2024).

Selain itu, transisi juga berjalan cepat pada sisi sumber daya manusia. Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM sebagai bekas induk sudah mulai membagi para aparatur sesuai dengan kebutuhan Kemenko dan tiga kementerian baru.