Logo Bloomberg Technoz

Kompetisi BYD Vs Mobil Jepang di RI Bisa Memanas, Ini Pemicunya

Pramesti Regita Cindy
21 October 2024 11:20

BYD Song L DM-i. (Dok. carnewschina)
BYD Song L DM-i. (Dok. carnewschina)

Bloomberg Technoz, Jakarta Build Your Dreams (BYD), raksasa kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) asal China, disinyalir akan mengeluarkan 2 model terbarunya di pangsa pasar Indonesia.

Dua model BYD yang diduga akan hadir di Indonesia ini adalah mobil tipe plug-in hybrid electric vehicles atau PHEV BYD Song L DM-i dan BYD Fang Cheng Bao (FCB) Bao 8.

Berkaitan dengan hal tersebut, pakar otomotif sekaligus akademisi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu menilai peta persaingan antara mobil Jepang dan China—khususnya di segmen mobil hibrida-— di Indonesia akan makin sengit dengan kehadiran model terbaru raksasa EV Negara Panda tersebut.

Selain itu dengan sinyal masuknya BYD Song L DM-i dan Fang Cheng Bao 8, Yannes turut meyakini kedua merek ini menunjukkan kesiapan China untuk berkompetisi dengan mutu yang semakin baik, fitur yang canggih, serta harga yang sangat kompetitif dibandingkan mobil hybrid Jepang yang lebih mapan.

BYD Fang Cheng Bao (FCB) Bao 8. (Dok. carnewschina)

"Kalau kita lihat, Song L DM-i, dengan desain yang sporty di mana BYD memakai desainer-desainer hebat dari merek-merek terkenal Eropa, teknologi PHEV DM-i yang efisien, dan potensi harga kompetitif, berpeluang besar menarik minat konsumen di segmen SUV yang populer," kata Yannes kepada Bloomberg Technoz akhir pekan lalu, dikutip Senin (21/10/2024).