Logo Bloomberg Technoz

Menlu Sugiono Ungkap Arahan Prabowo soal Politik Luar Negeri RI

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 October 2024 11:10

Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono yang akan dilantik sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) di Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto menegaskan politik luar negeri RI akan tetap berpegang pada tradisi.

Sugino menyampaikan hal tersebut sebelum pelantikan menteri Kabinet Merah Putih yang digelar di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin (21/10/2024). Dia mengatakan hal tersebut merupakan arahan langsung dari Prabowo.

"Konstitusi kita punya politik luar negeri yang bebas aktif, dan kemarin dalam pidato beliau menyampaikan kita ingin jadi teman dan tetangga yang baik dengan semua teman-teman kita di dunia," ungkap Sugiono.

Saat ditanya mengenai kecondongan Indonesia terhadap Amerika Serikat atau China, Sugino mengatakan akan menjaga kedekatan dengan kedua negara. "Kita berharap jadi jembatan untuk bisa berkomunikasi dengan baik," lanjutnya.

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Sugiono akan didampingi oleh tiga deputi atau Wakil Menteri (Wamen). Mereka adalah Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Duta Besar Indonesia untuk PBB Arrmanatha Nasir, dan Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.