Logo Bloomberg Technoz

Profil Para Diplomat Utama RI, dari Sugiono Hingga Anis Matta

Delia Arnindita Larasati
21 October 2024 10:30

Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Politikus Partai Gerindra, Sugiono, menjabat sebagai Menteri Luar Negeri RI dalam Kabinet Merah Putih Prabowo Subianto. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Sugiono akan didampingi oleh tiga deputi atau Wakil Menteri.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Prabowo pada Minggu (20/10/2024). Tiga Wamenlu tersebut adalah Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Duta Besar Indonesia untuk PBB Arrmanatha Nasir, dan Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.

Profil Menlu Sugiono

Sugiono lolos masuk SMA Taruna Nusantara Magelang pada 1994. Dia hendak melanjutkan pendidikan menjadi anggota militer setelah lulus pada 1997, tetapi niatnya ditunda karena dia memilih ikut program beasiswa yang diberikan Prabowo sebagai Komandan Jenderal Kopassus saat itu. Beasiswa tersebut diberikan kepada lulusan-lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara melalui seleksi ketat. 

Usai lulus dan bekerja di Amerika Serikat, Sugiono kembali ke Indonesia dan melanjutkan keinginannya menjadi anggota militer dengan bergabung ke sekolah calon perwira Akmil Magelang.