Logo Bloomberg Technoz

“Diamanatkan, dijalankan dengan baik dengan amanat dan tentunya kalau beliau [pesan Prabowo adalah] harus satu; untuk kepentingan rakyat,” tegas Rosan.

Realisasi Investasi Hilir

BKPM sebelumnya menyampaikan realisasi investasi untuk hiliarisasi pada sembilan bulan pertama 2024 mencapai Rp272,91 triliun. Ada lima sektor hilirisasi yang menjadi kontribusi nilai investasi.

“Angka ini kontribusi yang cukup besar kontribusinya terhadap realisasi investasi kita,” kata Rosan saat memberikan pemaparan realisasi investasi hingga September 2024 di Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Realisasi investasi hilirisasi. Sumber: Kementerian Investasi/BKPM

Pada kesempatan tersebut, Rosan memaparkan 5 sektor utama yang menjadi tempat investasi terbesar, yaitu; pertama, sektor mineral dalam bidang pengolahan (smelter) dengan total nilai investasi Rp170,78 triliun. Investasi untuk smelter Nikel menjadi yang paling besar dengan capaian Rp113,77 triliun.

Lalu, investasi smelter tembaga mencapai Rp45,72 triliun, kemudian smelter bauksit senilai Rp10,79 triliun, dan smelter timah senilai Rp0,5 triliun.

Kedua,  sektor kehutanan, khususnya hilirisasi pulp and paper yang nilainya mencapai Rp33,72 triliun. Ketiga, sektor pertanian melalui industri minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dan oleokimia senilai Rp44,09 triliun.

Keempat, sektor minyak dan gas bumi (migas) melalui pembangunan pabrik petrokimia yang nilainya mencapai Rp17,46 tirliun. Kelima, sektor ekosistem kendaraan listrik yang nilainya mencapai Rp6,86 triliun.

(wdh)

No more pages