Logo Bloomberg Technoz

Jadi Menteri Investasi & Hilirisasi Era Prabowo, Ini Tugas Rosan

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 October 2024 10:20

Rosan Perkasa Roeslani (Sumber foto: Lockheed Martin via tangakapan Layar Instagram @rosanroeslani)
Rosan Perkasa Roeslani (Sumber foto: Lockheed Martin via tangakapan Layar Instagram @rosanroeslani)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Rosan Perkasa Roeslani kembali bertugas sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), tetapi kali ini dengan tambahan nomenklatur pada jabatannya yang secara resmi telah berubah menjadi Menteri Investasi dan Hilirisasi di Kabinet Merah Putih pimpinan Presiden Prabowo Subianto.

Perubahan nomenklatur pada kementerian yang dipimpinnya itu, kata Rosan, merefleksikan fokus pemerintahan Presiden Prabowo untuk melanjutkan dan memperluas misi besar hilirisasi industri yang digagas oleh pemerintahan sebelumnya di bawah Presiden Joko Widodo.

Dia pun menjelaskan BKPM perlu diperluas menjadi Kementerian Investasi dan Hilirisasi lantaran bidang penghiliran industri yang harus digarap pemerintah sangatlah luas.

“Iya betul, ada penambahan ‘Hilirisasi’ karena ruang lingkupnya besar. Oleh sebab itu, kita sampaikan ini akan menjadi fokus utama kita karena kita mengembangkan investasi hilirisasi, sehingga nilai tambah ada di Indonesia,” ujarnya ditemui di Istana Negara jelang pelantikan kabinet baru, Senin (21/10/2024). 

Menteri Investasi Rosan Roeslani bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Selain itu, lanjut Rosan, fokus Kementerian Investasi dan Hilirisasi tidak hanya menarik penanaman modal pada industri hilir, tetapi juga membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya sebagai prioritas utama.