Logo Bloomberg Technoz

PBOC telah memberi sinyal rencana pelonggaran lebih lanjut. Pan menegaskan kembali pada Jumat (18/10/2024) bahwa PBOC mungkin akan menurunkan giro wajib minimun (RRR), yang memungkinkan lebih banyak uang tunai tersedia bagi bank untuk dipinjamkan, sebesar 25 hingga 50 basis poin lagi sebelum akhir tahun, tergantung pada situasi likuiditas.

"Pasar kemungkinan sudah memperhitungkan pemotongan LPR ini dan sekarang menanti prospek pelonggaran lebih lanjut," kata Frances Cheung, kepala strategi valuta asing dan suku bunga di Oversea-Chinese Banking Co. Menurutnya, pemotongan RRR lainnya sebelum akhir tahun "sangat mungkin."

Sebagian besar pinjaman baru dan yang ada di China didasarkan pada LPR satu tahun, sementara suku bunga lima tahun mempengaruhi penetapan harga KPR dan pinjaman jangka panjang lainnya.

Bank-bank milik negara terbesar di China minggu lalu juga menurunkan suku bunga simpanan mereka, sebuah langkah yang bertujuan untuk menyeimbangkan dampak suku bunga pinjaman yang lebih rendah terhadap margin keuntungan mereka yang kian menyusut.

(bbn)

No more pages