Logo Bloomberg Technoz

China Pangkas Suku Bunga Acuan, Dorong Pemulihan Ekonomi

News
21 October 2024 09:40

Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Dok: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China kembali memangkas suku bunga acuan pinjamannya setelah bank sentral menurunkan suku bunga pada akhir September, sebagai bagian dari langkah-langkah untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi dan menahan penurunan pasar properti.

Suku bunga pinjaman pokok atau Loan Prime Rate (LPR) satu tahun diturunkan menjadi 3,10% dari 3,35%, sedangkan suku bunga lima tahun dikurangi menjadi 3,60% dari 3,85%. Penurunan ini berada di batas atas kisaran 20-25 basis poin yang sebelumnya diproyeksikan oleh Gubernur Bank Sentral China atau People's Bank of China (PBOC), Pan Gongsheng, dan lebih besar dari perkiraan penurunan 20 basis poin oleh para ekonom yang disurvei Bloomberg.

Pemotongan LPR, yang ditentukan oleh sekelompok bank besar China, dilakukan setelah langkah-langkah dari PBOC bulan lalu untuk mendorong rumah tangga dan perusahaan meminjam lebih banyak. Langkah-langkah tersebut termasuk penurunan suku bunga dan pembukaan likuiditas guna mendorong pinjaman dari bank.

Yuan di pasar luar negeri hampir tidak berubah di sekitar 7,12 per dolar, sementara imbal hasil obligasi pemerintah 30 tahun sedikit bergeser, berada di angka 2,3% dalam perdagangan pagi yang tipis.

Suku bunga acuan China. (Sumber: Bloomberg)