Logo Bloomberg Technoz

Emas Dunia Rekor Lagi

Di pasar global, harga emas dunia masih naik. Pada pukul 08:16 WIB, harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 2.627,75/troy ons. Naik 0,24% dari penutupan perdagangan akhir pekan lalu dan menjadi rekor tertinggi sepanjang masa.

Sepanjang pekan lalu, harga emas membukukan kenaikan 2,42% secara point-to-point. Sejak awal tahun, harga aset ini sudah meroket lebih dari 30%.

Harga Emas di Pasar Spot (Sumber: Bloomberg)

Pekan ini, kenaikan harga emas dipicu oleh ketegangan di Timur Tengah yang meninggi. Israel mengklaim telah berhasil menewaskan pemimpin Hamas Yahya Sinwar.

Namun, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan Negeri Bintang Daud akan terus berperang sampai seluruh sandera dibebaskan. Meski Presiden Amerika Serikat (AS) Joseph ‘Joe’ Biden menyatakan sudah saatnya perang berakhir.

Emas adalah aset yang dipandang aman (safe haven). Permintaan emas biasanya naik saat terjadi ketidakpastian.

Selain di Timur Tengah, investor juga mencermati dinamika politik AS jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 5 November mendatang.

Polling telah terdiversifikasi secara signifikan, bahkan dengan pelaksanaan Pilpres yang sudah semakin dekat,” ujar Christopher Wong, Strategist di OCBC, seperti dikutip dari Bloomberg News.

(aji)

No more pages