Logo Bloomberg Technoz

Cek Keasilan Emas Antam Anda

Selain pembaruan harga emas, situs Sahabat Pegadaian juga memberikan banyak informasi menarik. Salah satunya adalah cara mengecek keaslian emas Antam.

Berbentuk kepingan atau batangan, cek keasliannya bisa dilakukan dengan prosedur berikut:

1. Menimbang Beratnya

Salah satu cara membedakan emas asli dan palsu adalah dengan menimbang beratnya. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, Anda bisa menggunakan timbangan digital.

Produk emas Antam LM Klasik dibedakan menjadi dua, yaitu dalam bentuk portrait dan landscape. Antam LM Klasik portrait memiliki berat 10 g, sedangkan yang berbentuk landscape memiliki berat 100 g.

Apabila angka di timbangan sama dengan sertifikat emas Antam, maka itu artinya emas tersebut asli. Adapun toleransi berat yang berlaku kurang lebih 0,01 gram untuk setiap jenis produk emas Antam.

2. Meraba Cap Antam

Cara mengecek keaslian emas Antam selanjutnya adalah dengan meraba cap Antam yang ada di permukaannya. Tulisan Fine Gold dan 999.9 yang asli timbul keluar, sedangkan nomor serinya masuk ke dalam. Pada bagian belakang, terdapat logo hologram yang bertuliskan huruf M dan L jika dilihat pada sudut berbeda.

Apabila dilihat dari depan, huruf M yang terlihat. Jika dilihat dari samping bawah, kanan, atau kiri, maka huruf L yang akan nampak.

3. Mendekatkannya dengan Magnet

Sebelum mengetahui apakah sertifikat emas Antam palsu atau asli, Anda bisa mendekatkan emas dengan magnet. Sebagai contoh, emas Antam LM Klasik yang memiliki tingkat kemurnian 24 karat tidak akan bereaksi ketika didekatkan dengan magnet.

Jika emas melekat pada magnet, maka itu artinya terdapat campuran logam lain yang membuat kadar kemurniannya lebih rendah dari 24 karat.

4. Memastikan Keaslian Sertifikat

Sertifikat emas Antam palsu bisa diperiksa dengan menggunakan sinar UV. Caranya adalah dengan menempatkan sertifikat di bawah penerangan mesin khusus yang menggunakan lampu UV.

Keaslian sertifikat dibuktikan jika hologram dengan simbol logam mulia muncul pada permukaan sertifikat. Cara lain untuk melihat sertifikat emas Antam palsu atau asli adalah dengan menerawangnya di bawah cahaya. Sertifikat terbukti asli jika Anda bisa melihat watermark khusus yang sulit ditiru.

5. Menggunakan Aplikasi CertiEye

Keaslian sertifikat emas Antam juga bisa dicek dengan aplikasi CertiEye. Setelah mengunduhnya dari Play Store atau App Store,  ikuti langkah-langkah berikut:

  • Membuka aplikasi CertiEye.

  • Scan QR code pada sertifikat emas Antam.

  • Tunggu hingga proses pemindaian selesai.

  • Produk emas Antam terbukti asli apabila muncul logo ANTAM LM yang disertai dengan tulisan AUTHENTICATED pada layar perangkat.

(aji)

No more pages