Logo Bloomberg Technoz

Rupiah akan Tunjukkan Keperkasaan Sambut Kabinet Baru Prabowo

Tim Riset Bloomberg Technoz
21 October 2024 07:40

Karyawan merapihkan uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan merapihkan uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diperkirakan akan menunjukkan keperkasaan lebih meyakinkan dalam perdagangan di pasar spot hari ini, Senin 21 Oktober 2024.

Hari pertama perdagangan pekan ini juga akan menjadi 'gong' dimulainya kalender kerja pemerintahan baru di bawah Presiden RI Prabowo Subianto yang telah mengucapkan sumpah jabatan kemarin di Gedung MPR/DPR-RI. 

Pengumuman kabinet yang langsung dilakukan pada malam harinya dengan kepastian bahwa posisi pivotal seperti menteri keuangan yang kembali dijabat oleh Sri Mulyani Indrawati, sesuai harapan pasar, akan menjadi sentimen positif yang dapat mengungkit pamor rupiah dan aset-aset di pasar keuangan domestik.

Sinyal itu sudah terlihat di pasar offshore pagi ini. Rupiah NDF-1M dibuka menguat melanjutkan penguatan pekan lalu dan pada pukul 5:15 WIB, rupiah forward diperdagangkan kuat di Rp15.490/US$. Begitu juga rupiah NDF-1W yang menguat di kisaran Rp15.473/US$. 

Pada saat yang sama indeks dolar AS cenderung lemah pagi ini meski masih di kisaran 103,47.