Logo Bloomberg Technoz

Kalender Ekonomi: Pekan Pertama Prabowo, Data Ekonomi AS Ditunggu

Ruisa Khoiriyah
21 October 2024 07:10

Presiden RI Prabowo Subianto saat menjamu para tamu negara pada Minggu malam di Istana Negara (Tangkapan layar/ Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden RI Prabowo Subianto saat menjamu para tamu negara pada Minggu malam di Istana Negara (Tangkapan layar/ Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pekan perdagangan ini menjadi pekan istimewa bagi orang Indonesia tak terkecuali para pelaku pasar. Kalender kerja di bawah Presiden RI Prabowo Subianto resmi dimulai usai mengucapkan sumpah jabatan pada Ahad kemarin di Gedung MPR/DPR-RI.

Prabowo menjadi presiden RI ke-8 dan malam hari setelah pengambilan sumpah jabatan, ia langsung mengumumkan susunan kabinet pemerintahannya. Total ada 109 menteri, wakil menteri dan kepala lembaga negara setingkat menteri yang telah diumumkan masuk kabinet. 

Kesemuanya akan dilantik pagi ini pukul 10.00 WIB di Istana Negara. Selanjutnya pada Jumat-Minggu nanti akan digelar kemah bersama di Bukit Tidar, Magelang, Jawa Tengah. Sebuah kegiatan yang dimaksudkan sebagai pembekalan lebih lanjut para menteri dan pejabat lain di kabinet.

Kepastian nama-nama di kabinet menjadi sentimen positif terbesar bagi pasar domestik dan menjadi kabar baik juga bagi para investor asing, yang cenderung lega dengan penunjukan lagi Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan. 

Dari luar negeri, kalender ekonomi global akan dipenuhi oleh jadwal bicara beberapa pejabat bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve, serta beberapa data ekonomi AS mulai dari data penjualan rumah dan barang tahan lama, klaim pengangguran, sentimen konsumen dan indeks manufaktur. Selain itu, banyak sekali emiten di bursa Wall Street yang dijadwalkan merilis laporan keuangan pada pekan ini.